Cahaya Menuju Surga

CAHAYA MENUJU SURGA
CAHAYA MENUJU SURGA

بِسْــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Tujuan Manusia Hidup Adalah Kembali Ke Jalan Allah SWT. Maka kerjakanlah sholat,ibadah,zikir,sedekah,amal,zakat,puasa dan kebaikan menurut firman2 Allah yg terkandung di dalam kitab suci Al,Quran, hadits2, riwayat2 tuntunan nabi-nabi dan rasullulloh. Laksanakan dalam kehidupan sehari-hari dengan hati sabar,tawakal dan istiqomah. Terima kasih kepada semua pihak dan sumber yang terkait dgn artikel/gambar ini "Jazakallahu khairan" Oleh: Wedha Kencana

Translate

Wednesday, October 14, 2015

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1437 Hijriyah

Akhir tahun merupakan momentum untuk seluruh umat melihat diri sendiri. Apalagi untuk Umat Muslin yang merayakan Pergantian Tahun Hijriyah. Tahun Baru Hijriyah jatuh pada hari Rabu 14 Oktober 2015 yang bertepatan pda tanggal 1 Muharram 1437 Hijriyah.

Hasil gambar untuk 1 muharram

Banyak hal terkait diri sendiri yang bisa diperhatikan dengan jujur. Segala hal di tahun ini baik berupa kebaikan maupun keburukan yang ada di diri kita, tidak lepas dari kekurangan. Untuk itu, ada baiknya penutup tahun diisi dengan doa sebagai bentuk kepasrahan tertinggi kepada Allah. Serta Doa kita yang kita ucapkan untuk menurut Akhir tahun ini dan membuka harapan dan lembaran baru untuk menjadi diri yang lebih baik lagi.
 
Untuk menyambut 1 Muharram 1437 Hijriyah Umat Islam dianjurkan oleh Rasullulah SAW untuk membaca Doa akhir tahun. Doa ini dimasukkan oleh Mufti Jakarta abad 19-20 Habib bin Yahya Dalam Karyanya Maslakul Akhyar
للَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ
Doa Akhir tahun ini dianjurkan untuk dibaca sebanyak 3 kali di harapkan dengan pergantian ini akan menjadikan akhir tahun yang baik.

Untuk menyambut datangnya Tahun Baru Hijriyah yang jatuh pada Hari Rabu, 1 Muharram 1437 juga dianjurkan untuk mengawali tahun baru dengan doa. Apalagi kalau Doa awal Tahun. Hal ini karena banyak harapan dan doa yang dipanjatkan oleh Umat Islam yang ditujukan pada Allah SWT.
اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ
Permohonan tersebut berupa Meminta Rahmat perlindungan, keselamatan, kelapangan Rejeki, atau bahkan Jodoh, Mufti Jakarta abad 19-20 Habib Utsman bin Yahya dalam kitab Maslakul Akhyar menyebutkan doa awal bulan Muharram. Seperti halnya dengan doa akhir tahun doa awal tahun juga di baca tiga kali selepas magrib di tanggal 1 Muharram 1437 H.

Menutup Tahun dengan doa dan mengawali Tahun Baru Hijriyah dengan doa diharapkan akan meberikan barakah pada kita yang memaknai pergantian tahun ini dengan lebih mendekatkan diri dengan sang pencipta. Alangkah baiknya jika panjatan doa ini diiringi dengan Puasa, Khataman, sedekah atau Aktivitas Positif lainya.

No comments:

Post a Comment