Jangan Cepat Merasa Aman dari Adzab Allah, dan Jangan Pula Berputus Asa Dari Rahmat Allah
Dari Abu Abdirrahman Abdullah bin Mas’ud –semoga Allah meridlainya- beliau berkata:
Rasulullah shollallaahu ‘alaihi wasallam menceritakan kepada kami dan beliau adalah orang yang jujur dan harus dipercaya:
Sesungguhnya (fase) penciptaan kalian
dikumpulkan dalam perut ibunya selama 40 hari (dalam bentuk) nutfah
(sperma), kemudian selama itu (40 hari) menjadi segumpal darah kemudian
selama itu (40 hari) menjadi segumpal daging, kemudian diutuslah
Malaikat, ditiupkan ruh dan dicatat 4 hal: rezekinya, ajalnya,
amalannya, apakah ia beruntung atau celaka. Demi Allah Yang Tidak Ada
Sesembahan yang Haq Kecuali Dia, sungguh di antara kalian ada yang
beramal dengan amalan penduduk jannah (surga) hingga antara dia dengan
jannah sejarak satu hasta kemudian ia didahului dengan catatan (taqdir)
sehingga beramal dengan amalan penduduk anNaar (neraka), sehingga masuk
ke dalamnya (anNaar). Sesungguhnya ada di antara kalian yang beramal
dengan amalan penduduk anNaar, hingga antara dia dengan anNaar sejarak
satu hasta kemudian ia didahului dengan catatan (taqdir) sehingga
beramal dengan amalan penduduk jannah sehingga masuk ke dalamnya
(jannah) (H.R alBukhari dan Muslim).
Penjelasan Hadits ini
Ibnu Mas’ud menyampaikan suatu hadits yang ia dengar langsung dari
Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam tentang khabar ghaib. Karena
khabar itu menuntut keimanan yang tinggi, beliau mendahului
penyampaiannya dengan mengingatkan bahwa Rasul adalah orang yang jujur
sekaligus harus dipercaya seluruh khabarnya.
Manusia mengalami 4 fase pertumbuhan dalam perut ibunya: 40 hari
pertama dalam bentuk nutfah (sperma), 40 hari kedua dalam bentuk ‘alaqah
(segumpal darah), 40 hari kedua dalam bentuk daging.
Setelah itu, Malaikat diutus Allah untuk meniup ruhnya dan mencatat 4
hal: rezeki, ajal, amalan, dan keadaan dia (beruntung atau celaka).
Kemudian Rasul menceritakan adanya keadaan 2 macam orang:
Pertama, seseorang yang hampir seluruh hidupnya diisi dengan amalan
penduduk surga (ketaatan), sehingga jaraknya dengan surga sudah satu
hasta (ukuran dari siku hingga ujung jari), namun karena catatan taqdir,
ia di akhir hayatnya beramal dengan amalan penduduk neraka sehingga
masuk ke dalam neraka
Kedua, seseorang yang hampir seluruh hidupnya diisi dengan amalan
penduduk anNarr (Neraka), sehingga jaraknya dengan surga sudah satu
hasta (ukuran dari siku hingga ujung jari), namun karena catatan taqdir,
ia di akhir hayatnya beramal dengan amalan penduduk jannah sehingga
masuk ke dalam surga.
Pelajaran-Pelajaran Yang Bisa Diambil Dari Hadits Ini:
1. Para perawi hadits banyak yang meriwayatkan hadits lafadz
haddatsana –mencontoh lafadz yang diucapkan Ibnu Mas’ud dalam hadits
ini- untuk menunjukkan bahwa ia hadir dan mendengar langsung dari orang
yang menceritakannya.
2. Seluruh berita yang shahih berasal dari Nabi harus diyakini dan
dibenarkan meski tidak terjangkau akal karena beliau adalah as-Shoodiqul
Mashduuq (yang jujur dan harus dipercaya).
3. Tahapan penciptaan manusia di rahim ibunya:
- 40 hari pertama nutfah
- 40 hari kedua segumpal darah
- 40 hari ketiga segumpal daging
4. Ditiupkan ruh pada janin setelah berusia 3 x 40 hari = 120 hari = 4 bulan.
Setelah 4 bulan inilah berlakulah baginya hukum manusia. Jika terjadi keguguran janin, maka dilihat keadaan:
- sebelum 120 hari: tidak perlu dimandikan, dikafani, dan disholatkan.
- setelah 120 hari: dimandikan, dikafani, dan disholatkan.
Jika janin yang keluar saat keguguran bentuknya sudah seperti
manusia, maka berlakulah hukum nifas. Jika tidak, maka hukumnya seperti
darah istihadhah (penyakit).
(Penjelasan Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin).
5. Beriman terhadap Malaikat. Ada Malaikat yang bertugas untuk meniup
ruh pada janin dan mencatat 4 hal: rezeki, ajal, amalan, dan keadaannya
(beruntung atau celaka).
6. Beriman terhadap catatan taqdir.
Para Ulama menjelaskan bahwa berdasarkan lingkupnya, pencatatan taqdir terbagi menjadi 4:
a) Pencatatan di Lauhul Mahfudzh
Catatan induk. Berisi catatan taqdir segala sesuatu. Ditulis 50.000
tahun sebelum diciptakannya langit dan bumi. Catatan ini tidak ada yang
tahu kecuali Allah, dan tidak akan berubah sedikitpun
b) Pencatatan dalam lingkup umur perorangan
Ini adalah catatan Malaikat, seperti yang disebutkan dalam hadits ini
tentang 4 hal: rezeki, ajal, amalan, dan keadaannya (beruntung atau
celaka) terhadap janin yang masih berada di perut ibunya.
c) Pencatatan dalam lingkup tahunan
Dilakukan setiap Lailatul Qodar, berisi catatan segala sesuatu yang
akan terjadi dalam waktu setahun ke depan (hingga Lailatul Qodar
berikutnya), disebutkan dalam surat ad-Dukhkhan: 3-4).
d) Pencatatan dalam lingkup harian
Disebutkan dalam surat arRahman ayat 29. Allah meninggikan derajat
suatu kaum atau merendahkannya, membentangkan rezeki atau
menyempitkannya, dsb. Hal itu berlangsung tiap hari.
Perubahan catatan taqdir yang masih memungkinkan terjadi pada catatan
yang ada di Malaikat, sedangkan yang Lauhul Mahfudzh tidak akan pernah
berubah.
1) Akhir kehidupan seseorang akan berujung pada dua hal: beruntung
atau celaka. Orang yang beruntung adalah yang masuk ke dalam surga,
sebaliknya yang celaka adalah yang masuk ke dalam neraka. Tidak ada
keadaan ketiga.
2) Seseorang tidak boleh merasa bangga diri ketika ia banyak
beribadah dan sering mengisi hari-harinya dengan ketaatan. Harus
diiringi dengan perasaan takut dan khawatir jangan sampai mengalami
suu-ul khotimah (akhir kehidupan yang buruk).
3) Seseorang yang sedang terjerumus dalam lumpur dosa tidak boleh
berputus asa dari rahmat Allah, hendaknya ia bersemangat untuk bertaubat
dan memperbanyak amal sholih dengan harapan meninggal dalam keadaan
husnul khotimah (akhir kehidupan yang baik).
4) Akhir kehidupan sangat menentukan kebahagiaan atau kesengsaraan seseorang nanti di akhirat.
Akhir Kehidupan Yang Baik Hanya Untuk Orang Yang Istiqomah dalam Keikhlasannya
Sebagai salah satu bentuk kasih sayang Allah, orang-orang yang
berubah dari keadaan baik menjadi buruk lebih sedikit atau jarang
dibandingkan orang yang berubah dari keadaan buruk menjadi baik
(penjelasan Ibnu Daqiiqil Ied).
Abdul Haq berkata: “Suu-ul Khootimah (akhir kehidupan yang buruk)
tidak akan menimpa orang yang istiqomah batinnya dan baik amal
perbuatannya…Kebanyakan menimpa orang-orang yang terus menerus dan
lancang (tidak mengenal malu) dalam berbuat dosa besar…” (dinukil oleh
alHafidz Ibnu Hajar dalam Fathul Baari (11/489))
Para Shahabat Nabi Bahkan Tidak Merasa Aman dari Makar (Istidraj dan Adzab)Allah
Para Sahabat Nabi adalah orang-orang yang bersemangat melakukan amal
sholih yang terbaik dan sempurna diiringi dengan perasaan takut
jangan-jangan amalnya tidak diterima. Diiringi perasaan khawatir
jangan-jangan mereka termasuk orang munafik.
Ibnu Abi Mulaikah berkata: Saya menjumpai 30 orang Sahabat Nabi
seluruhnya mengkhawatirkan kemunafikan dalam dirinya (Shahih alBukhari).
Umar bin al-Khottob pernah menanyakan kepada Hudzaifah bin al-Yaman
apakah nama beliau masuk dalam daftar orang-orang munafik yang disebut
Nabi.
Para Sahabat Nabi adalah orang-orang dengan amal ibadah berkualitas
tinggi, namun mereka tidak ujub (merasa bangga diri) terhadap amal yang
telah dikerjakan. Mereka memadukan antara perasaan berharap terhadap
rahmat dan ampunan Allah dengan perasaan takut terhadap adzab Allah pada
porsi yang tepat dan sesuai.
Jika seseorang terlalu menggantungkan pada luasnya rahmat Allah,
ampunan Allah yang berlimpah, dan melupakan bahwa Allah Maha Mengetahui
lagi Maha pedih adzabNya, ia akan bermudah-mudahan. Ia akan merasa aman
dari makar (istidraj dan adzab) Allah.
“Apakah kalian merasa aman dari Makar
(istidraj dan adzab) Allah? Tidak ada yang merasa aman dari Makar Allah
kecuali orang –orang yang merugi” (Q.S al-A’raaf:99).
Sebaliknya, seorang yang dominan membaca dan merasakan
ancaman-ancaman Allah, kerasnya siksaan, dan semisalnya, kemudian
melupakan rahmat dan ampunanNya akan berputus asa dari rahmat Allah.
“Katakanlah : Wahai hamba-hambaKu yang
melampaui batas terhadap dirinya sendiri, janganlah berputus asa dari
rahmat Allah, sesungguhnya Allah mengampuni seluruh dosa. Sesungguhnya
Dia adalah Yang Maha Pengampun lagi Penyayang” (Q.S Az-Zumar:53).
Perasaan berharap di satu sisi, takut di sisi lain. Dua hal ini harus
berada pada porsi yang tepat dan sesuai, serta tidak berat sebelah.
Dalam alQur’an Allah mengajarkan manusia untuk memiliki dua perasaan itu
secara seimbang.
Perhatikan ayat-ayat berikut yang menyebutkan Sifat-Sifat Allah terkait dengan pembangkitan 2 perasaan itu secara berimbang:
“Khabarkan kepada hamba-hambaKu bahwa Aku adalah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan bahwasanya adzabKu sangat pedih “ (Q.S Al-Hijr 49-50)“Sesungguhnya Tuhanmu sangat cepat adzabNya, dan sesungguhnya Ia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang “(Q.S AlAn’aam : 165)
“Ketahuilah sesungguhnya Allah Maha Keras SiksaNya dan sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Q.S al-Maidah:98)
“Allah adalah Pengampun dosa dan Penerima taubat, keras siksaNya…. “ (Q.S Ghofir/ al-Mu’min:3)
Sumber :
Hadits Ibnu Mas’ud Tentang Tahapan Kehidupan Manusia (Hadits ke-4 Arbain anNawawiyyah), ditulis oleh : Ustadz Kharisman
No comments:
Post a Comment